Tuesday, February 3, 2009

aktiva tetap

prosedur aktiva tetap:
1. prosedur akuntansi aktiva tetap pada skpd meliputi pencatatan dan pelaporan akuntansi atas perolehan, pemeliharaan, rehabilitasi, perubahan klasifikas, dan penyusutan terhadap aktiva tetap yang dikuasai/ digunakan skpd.
2. pemeliharaan yang bersifat rutin dan berkla tidak dapat dikapitalisasi.
3. rehaibilitasi yang bersifat sedang dan berat dikapitalisasi apabila memenuhi salah satu kriteria penambhan volume dan kpasitas, peningkatan fungsi dan efisiensi, dan/atau penambahan masa manfaat.
4. perubahan lasifikasi aktiva tetap tersebut berupa perubahan aktiva tetap ke klasifikasi selain aktiva tetap atau sebaliknya.
5. penyusutan tersebut merupakan penyesuaian nilai sehubungan dengan penurunan kapasitas dan manfaat dari suatu aktiva tetap.
6. setiap aktiva tetap kecuali tanah dan konstruksi dalam pengerjaan dilakukan penyusutan yang sistematis sesui dengan masa manfaatnya.
7. metode penyusutan yang dapat digunakan antara lain:a) metode garis lurus, b) metode saldo menurun ganda, c) metode unit produksi
8. metode garis lurus merupakan penyesuaian nilai aktiva tetap dengan membebankan penurunan kapasitas dan manfaat aktiva tetap dalam jumlah yang sama setiap periode sepanjang umur ekonomis aktiva tetap yang bersangkutan.
9. metode saldo menurun ganda merupkan penyesuaian nilai aktiva tetap dengan membebnkan penurunan kapasitas dan manfaa aktiva tetap yang lebih besar pada awal periode awal pemanfaatan aktiva dibandingkan periode akhir sepanjang umur ekonomis aktiva tetap yang bersangkutan.
10. metode unit produksi merupakan penyesuaian nilai aktiva tetap dengan membebankan penurunan kapasitas dan manfaat aktiva tetap berdasarkan unit produksi yang dihasilkan dari aktiva tetap yang bersangkutan.
11. penetapan umur ekonomis aktiva tetap dimuat dalam kebijakan akuntansi berpedoman pada peraturan perundang-undangan.
12. bukti transaksi yang digunakan dalam prosedur akuntansi aktiva berupa bukti memorial yang dilampiri dengan:
a. berita acara penerimaan barang.
b. berita acara serah terima barang.
c. berita acara penyelesaian pekerjaan.
13. buku yang digunakan untuk menctan transaksi dan/atau kejadian dalam prosedur akuntansi aktiva tetap mencakup:
a. jurnal
b. buku besar
c. buku besar pembantu

No comments:

Post a Comment